Berkaitan dengan perancangan program bimbingan dan konseling, penyusunan program bimbingan dan konseling selalu diawali dengan analisis kebutuhan peserta didik. Untuk mengetahui kebutuhan peserta didik ( need assesment ) tersebut, biasanya dilakukan dengan menggunakan suatu instrumen baik tes maupun non tes.
Instrumen yang telah dikembangkan di lapangan antara lain :
- Alat Ungkap Masalah (AUM)
- Alat Ungkap Masalah (AUM) PTSDL SMA
- Sosiometri
- Identifikasi Kebutuhan dan Masalah Siswa ( IKMS)
Inventori Tugas Perkembangan (ITP)
Identifikasi Kebutuhan dan Masalah Siswa ( IKMS)
Daftar Cek Masalah (DCM)
Aum Ptsdl Format Smp, Sma Dan Angket Kebutuhan Materi Pelayanan Bimbingan Dan Konseling.
Hasil Need Assessment Tersebut Sebagai Dasar Penyusunan Program Pelayanan Bimbingan Dan Konseling.